MAKALAH PASAR MODAL

muqoddimah:

okeh, jadi sebenernya makalah ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti ulangan harian pelajaran ekonomi

parahnya, saya baru tau dan baru mau mbuat H-1 deadline

untung aja sumbernya dah ada. :)

oke enjoy it.

semoga bermanfaat

 

MAKALAH

Pengaruh Investor Asing Bagi Peningkatan Pembangunan Ekonomi Nasional

 

 

DISUSUN OLEH:

AMALIA DINA ISLAMI  (2500002)

 

 

 

 

MAN INSAN CENDEKIA SERPONG
TAHUN AJARAN 2012/2013

 

  1. A.      LATAR BELAKANG

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan per kapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan diisertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi. pembangunan ekonomi merupakan hal penting yang tentu menjadi tujuan sekaligus garapan utama pemerintah. Indonesia, sebagai negara berkembang kerap mempermasalahkan hal ini. Penggarapan pembangunan ekonomi menjadi satu hal utama yang diusahakan. Mulai dari pembangunan ekonomi daerah hingga pembangunan ekonomi nasional. Oleh karena itu, banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi nasional. Baik dengan membangun sarana prasarana baru atau memperbaiki yang telah ada. Salah satu upaya pemerintah dalam menggarap pembangunan ekonomi adalah dengan meningkatkan fokus terhadap pasar modal Indonesia.

Pasar modal yang ada di Indonesia sering kita sebut sebagai Bursa Efek Indonesia (BEI). Sejak tahun 1912, awal bursa efek didirikan di Indonesia, BEI tentu telah banyak turut ikut andil dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi nasional. Mulai dari memfasilitasi perdagangan surat berharga, membantu investor dalam menanamkan modalnya, meningkatkan cadangan modal nasional, dan masih banyak peran serta BEI dalam perekonomian Indonesia. BEI memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Mendapatkan penghargaan sebagai bursa efek terbaik di seluruh ASEAN tentu bukan merupakan pencapaian yang bisa dipandang sebelah mata. Melihat dari pencapaian BEI dalam mendapatkan penghargaan, tentu BEI telah berhasi menjalankan tugasnya dengan baik. Keberhasilan  yang telah dicapai oleh BEI menunjukkan bahwa dunia perefekan di Indonesia bukan lagi menjadi hal yang asing di telinga masyarakat.

Dewasa ini, dunia investasi memang menjadi salah satu kesenangan tersendiri bagi masyarakat yang memiliki kelebihan dana. Pemerintah menyatakan bahwa penanaman modal memang diupayakan untuk meningkatkan pertumbuhan serta pembangunan ekonomi di Indonesia. Bukan hanya investor domestik saja yang dipandang perlu, namun investor asing pun juga dibutuhkan oleh Indonesia. Banyak investor-investor asing yang telah menanamkan modalnya di Indonesia. Hal tersebut tentu sangat memengaruhi perekonomian nasional.

Pada makalah ini, penulis akan memaparkan pentingnya investasi asing bagi Indonesia dan beberapa dampak positif hadirnya para investor asing di pasar modal Indonesia bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

 

  1. B.      RUANG LINGKUP

Pembahasan dalam makalah ini hanya mencangkup pentingnya investasi asing bagi Indonesia dan dampak positif investor asing bagi pembangunan ekonomi Indonesia.

  1. C.      MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN

Adapun maksud dan tujuan penulis menyusun makalah ini adalah untuk mengetahui pentingnya investasi bagi Indonesia dan mengetahui dampak positif yang ditimbulkan oleh investor asing bagi pembangunan ekonomi Indonesia.

 

  1. D.      RUMUSAN MASALAH
    1. Seberapa pentingkah investasi asing bagi Indonesia?
    2. Apakah dampak positif yang dapat ditimbulkan oleh investor asing di Indonesia bagi pembangunan ekonomi Indonesia?

 

  1. E.       LANDASAN TEORI
    1. Pengertian Pasar Modal

Pasar modal dapat diartikan sebagai pasar yang memfasilitasi penerbitan dan perdagangan surat berharga keuangan seperti saham dan obligasi. Dalam Keppres No. 60 tahun 1998, pasar modal dipahami sebagai bursa yang menjadi sarana mempertemukan penawaran dan permintaan efek.

  1. Fungsi Pasar Modal

Pasar modal memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber penghimpun dana masyarakat
  2. Sebagai peendorong perkembangan investasi
  3. Sebagai sarana pendanaan bagi perusahaan
  4. Sebagai sarana alternatif investasi bagi investor
  5. Pengertian Investasi dan Investor

Penanaman modal atau investasi adalah segala bentuk kegiatan penanaman modal baik asing maupun dalam negeri yang menanamkan modalnya dalam melakukan kegiatan usahanya di Indonesia. Di samping itu, investasi merpakan sebuah komitmen untuk menempatkan dana pada obyek investasi dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang atau untuk mempertahankan nilai dana tersebut.

Di dalam dunia keuangan, investor adalah orang atau lembaga yang melakukan suatu investasi atau dapat diartikan sebagai orang yang memiliki dana lebih untuk diinvestasikan ke dalam pembelian surat berharga keuangan.

Investor dapat dibagi menjadi 2, yaitu investor domestik dan investor asing. Investor domestik merupakan investor yang berasal dari dalam negeri, sedangkan investor asing berarti investor yang berasal dari negara asing.

  1. Investasi Asing

Ada 2 jenis penanaman modal asing:

  1. Investasi Asing Langsung

Investasi asing langsung adalah investasi yang langsung ditanamkan dengan mendirikan perusahaan di industri atau bidang usaha tertentu seperti pertambangan, properti, pertanian, dan lain sebagainya. Investasi di sektor riil sangat penting karena dapat memberi manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia melalui penyerapan tenaga kerja, pengurangan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, pertumbuhan industri, dan penggarapan berbagai sumber daya ekonomi.

  1. Investasi asing tidak langsung

Investasi tidak langsung banyak dilakukan dalam bentuk saham korporasi, surat obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Utang Negara (SUN). Banyaknya dana asing dari investasi ini memang telah menguatkan nilai rupiah, namun penguatan tersebut tidak ada artinya apabila tidak membawa dampak positif bagi sektor riil dan rakyat.

  1. Kebijakan Luar Negeri Indonesia

Landasan hukum penanaman modal di Indonesia oleh Undang-undang No. 1 Tahun 1967 Tentang Penanaman Modal Asing.[1] Masuknya modal asing bagi perekonomian Indonesia merupakan tuntutan keadaan bagi ekonomi maupun politik Indonesia. Di mana investasi melalui modal asing secara langsung lebih baik dari pada penarikan dana melalui pinjaman luar negeri, sebab melalui penanaman modal asing secara langsung, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat di kontrol lebih mudah sebab para investor asing berada pada kekentuan hukum di Indonesia, sedangkan melalui pinjaman luar negeri Indonesia akan lebih memperoleh sisi negatif sebab melalui pinjaman luar negeri Indonesia akan di kenai aturan-aturan yang berasal dari pihak pemberi pinjaman.

  1. Tujuan Pembangunan Ekonomi

Adapun tujuan diadakannya pembangunan ekonomi di antaranya:

  1. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok
  2. Memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok
  3. Memperluas kesempatan kerja
  4. Meningkatkan pendapatan masyarakat
  5. Kriteria Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Untuk mengukur keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh suatu negara, maka diperlukan sejumlah kriteria pengukuran. Beberapa kriteria keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara adalah sebagai berikut:

  1. Pendapatan Nasional dan Pendapatan per Kapita
  2. Distribusi Pendapatan
  3. Peranan Sektor Industri dan Jasa
  4. Kesempatan Kerja
  5. Stabilitas Ekonomi
  6. Neraca Pembayaran Luar Negeri

 

  1. F.       ANALISIS DAN PEMBAHASAN
    1. Pentingnya investasi asing bagi Indonesia

Sebagai negara berkembang, Indonesia tentu mengupayakan pembangunan ekonomi guna meningkatkan kemajuan perekonomian negara. Beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan menggencarkan investasi atau mengajak masyarakat untuk giat menghimpun dana di pasar modal. Hal tersebut didasarkan pada peristiwa menyakitkan bagi Indonesia di tahun 1997. Krisis ekonomi besar-besaran terjadi. Oleh karenanya, pemerintah merasa perlu untuk menarik investasi masuk sebanyak mungkin ke Indonesia, sehingga terdapat cadangan modal jika sewaktu-waktu persoalan krisis kembali melanda.

Tidak hanya mengupayakan penanaman modal oleh investor domestik, namun pemerintah juga menggencarkan penanaman modal oleh investor asing yang datang dari berbagai penjuru dunia. Penanaman modal oleh investor asing diapandang perlu bagi Indonesia karena Indonesia yang notabene merupakan negara agraris tentu membutuhkan dorongan ke bidang industri dan jasa melalui investasi asing. Selain itu, minimnya modal dan penguasaan teknologi di Indonesia juga mengharuskan Indonesia untuk mengundang para investor asing agar menanamkan modalnya di Indonesia.

Beruntunglah, pemerintah tak perlu repot-repot menarik para investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia, karena Indonesia memiliki banyak kelebihan yang menjadi daya tarik bagi investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Mulai dari sumber daya alam yang melimpah yang dapat dijadikan sebagai sumber bahan baku bagi perusahaan-perusahaan besar, kebutuhan konsumen yang variatif karena kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam, sehingga berbagai produk yang berbeda dapat dipasarkan di berbagai daerah di Indonesia, serta penduduk Indonesia yang sebagian besar dalam usia produktif yang bisa menghasilkan tenaga kerja yang ulet dan kreatif.

Selain itu,  munculnya banyak investor di Indonesia juga dilandasi oleh UU No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal. Berdasarkan undang-undang tersebut jelas sudah Indonesia memberikan kebebasan kepada investor domestik maupun investor asing untuk menanamkan modalnya dalam melakukan kegiatan usahanya di wilayah Indonesia. Sehingga jelas perusahaan Indonesia diperbolehkan untuk melakukan kerjasama dengan pihak asing dalam mempertahankan eksistensinya dalam dunia bisnis.

Pada landasan teori juga telah disebutkan kebijakan luar negeri Indonesia yang menyangkut landasan penanaman modal asing di Indonesia. Jelas disebutkan bahwa penanaman modal asing dapat mempermudah kontrol pertumbuhan ekonomi. Penanaman modal asing di Indonesia juga ditegaskan sebagai tuntutan keadaan bagi ekonomi maupun politik Indonesia. Oleh karena itu, penulis beranggapan bahwa penanaman modal asing sangat penting bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia.   

 

  1. Dampak positif hadirnya investor asing

Sebagaimana yang telah disebutkan pada landasan teori, bahwasanya penanaman modal asing memiliki beberapa dampak positif di antaranya dapat menyerap tenaga kerja. Dengan penyerapan tenaga kerja tersebut tentu dapat mengurangi tingkat pengangguran dan mengurangi kemiskinan. Sehingga dengan kata lain, pendapatan per kapita akan meningkat dan tentu akan berdampak pada meningkatnya pendapatan nasional.

Dengan semakin banyaknya investor asing yang datang ke Indonesia, maka semakin gencar pula Indonesia melakukan perdagangan internasional. Hal ini tentu bisa menjadi langkah awal Indonesia dalam menapakkan kaki lebih lanjut di kancah perekonomian internasional. Melakukan hubungan dagang dengan para investor asing juga dapat menambah pengalaman Indonesia dalam melakukan perdaganan internasional dan juga menguatkan nilai rupiah, karena rupiah akan banyak dicari.

Semakin banyak investasi asing yang dilakukan, maka akan menambah modal bagi perusahaan domestik dan menambah input pada kegiatan produksi. Hal tersebut akan memunculkan perusahaan-perusahaan baru di Indonesia. Dengan adanya perusahaan baru, maka jelas sudah pendapatan negara akan bertambah dengan bertambahnya pajak yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan baru tersebut.

Penanaman modal terutama oleh investor asing tentu akan menambah cadangan modal bagi Indonesia, sehingga bila tiba-tiba terjadi kisis ekonomi yang melanda, tidak akan terlalu menjadi masalah. Dan hal tersebut terbukti, di tahun 2008 krisis dunia tidak terlalu mempengaruhi perekonomian nasional Indonesia karena Indonesia telah memiliki cukup cadangan modal dari investasi yang kerap dilakukan.

 

  1. Pengaruh investor asing bagi peningkatan pembangunan ekonomi nasional

Ada beberapa indikator keberhasilan suatu negara dalam melakukan pembangunan ekonomi, seperti yang tercantum pada landasan teori yang beberapa di antaranya dapat dicapai dengan pengadaan investor asing, yaitu:

  1. Pendapatan Nasional

Telah disebutkan bahwa dengan adanya investasi asing di Indonesia, maka otomatis cadangan modal Indonesia akan bertambah dan kemiskinan akan berkurang. Hal tersebut tentu akan meningkatkan pendapatan nasional pula. Selain itu, adanya investor asing akan memacu munculnya perusahaan-perusahaan baru. Munculnya perusahaan baru akan menambah pendapatan nasional melalui penarikan pajak.

  1. Pendapatan per Kapita

Pendapatan per kapita akan otomatis meningkat bila pendapatan nasional bertambah sedangkan jumlah penduduk tidak mengalami pertambahan.

  1. Kesempatan Kerja

Seperti yang telah penulis paparkan dalam landasan teori, investasi asing di sector riil akan memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian Indonesia melalui penyerapan tenaga kerja. Dengan begitu, tingginya tingkat pengangguran di Indonesia juga dapat tertatasi.

  1. Peranan Sektor Industri dan Jasa

Investasi asing juga akan meningkatkan pertumbuhan industri dan jasa karena mendapat dorongan dari investor asing.

Selain dari kriteria keberhasilan pembangunan, peran investor asing juga membantu mewujudkan beberapa tujuan pembangunan ekonomi Indonesia, yaitu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan hadirnya investor asing, maka akan menambah modal bagi perusahaan domestic. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan besar akan muncul dan tentu akan meningkatkan outputnya.

 

  1. G.     KESIMPULAN DAN SARAN
    1. Kesimpulan

Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan oleh penulis, maka ada beberapa kesimpulan yang dapat ditarik, yaitu bahwa hadirnya investor asing di pasar modal Indonesia memberi pengaruh positif bagi pembangunan ekonomi Indonesia, meski tentu ada beberapa dampak negatifnya pula.

  1. Saran
    1. Untuk mencegah adanya gejolak ekonomi yang dapat ditimbulkan bila sewaktu-waktu modal yang tlah ditanamkan oleh investor asing ditarik kembali, maka hendaknya pemerintah tidak terlalu bergantung pada investasi asing.
    2. Hendaknya pemerintah membuat suatu kebijakan agar investasi asing yang masuk dapat lebih memberi manfaat bagi rakyat.

 

  1. H.     DAFTAR PUSTAKA

Sukwiaty dkk. 2007. Ekonomi SMA Kelas XI. Bandung: Yudhistira.

Handout Pasar Modal

 

02112012 13.00

http://octav1as.blogspot.com/2011/07/manfaat-dan-dampak-negatif-penanaman.html

02112012 13.10

http://arvinradcliffe.blogspot.com/2012/05/pengaruh-modal-asing-terhadap.html

02112012 13.10

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2010/02/13/investasi-asing-solusi-masalah-pengangguran/

02112012 13.15

http://yasinta.wordpress.com/2008/07/30/investasi-asing/

05112012 14:00

http://ekanurdiyanto.blogspot.com/2011/12/pertumbuhan-ekonomi-indonesia.html

 

 


[1] Departemen Keuangan Republik Indonesia, “Undang-undang tentang Penanaman Modal Asing”

 

 

About these ads

2 Comments

  1. Pingback: BAB 10 INVESTASI DAN PENANAMAN MODAL | ANDRIAN HERMAWAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s